Game Level 4: Gaya Belajar Saya #14





Hari ini kembali pada belajar menghafal Alquran. Obsesi jadi hafidzah harus terus ada dong. Demi mencari pundi-pundi amal salih untuk bekal di akhirat nanti.

Metode yang saya gunakan masih sama. Memanfaatkan murotal untuk membantu proses belajar. Saya tidak meluangkan waktu khusus, tapi saya lakukan sambil memasak dan bersih-bersih rumah.

Bagi saya, ini cara terbaik untuk menghindarkan dari alasan-alasan tidak ada waktu. Saya cukup memasang telinga saya dan mengulang ayat. Itu terus yang saya lakukan.

Mendengar dan mengucapkannya kembali. Sampai hafal. Alhamdulillah, satu surat belum hafal untuk hari ini. Beberapa ayat masih sering hilang dari ingatan saya.

Baiklah, mari kita coba lagi besok.

Metode ini sebetulnya saya temukan saat tiba-tiba saya jadi hafal ayat kursi karena hampir setiap hari membacanya saat dzikir pagi dan petang. Saya hanya mengulang-ulanh terus ayat tersebut, hingga rasanya bibir saya punya memori sendiri untuk melafalkannya.

Jadi, kenapa harus memaksakan? Saya hanya perlu sabar untuk mengulang terus menerus ayat-ayat tersebut.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.