Game Level 7 #3: Aku dan Blog


Saya mulai blogging dari tahun 2010. Cukup lama. Tapi saya baru tahu seluk beluk blog ya baru-baru ini. Kurang lebih 1 tahun terakhir.

Dulu, saya kira blog hanya sebagai wadah untuk menulis saja. Setelah saya belajar banyak sekali dari berbagai sumber, saya sadar bahwa pikiran tersebut keliru. Blog bukan hanya tentang menulis.

Setahun terakhir ini, saya banyak sekali ngulik tentang blog. Apa yang saya pelajari, saya terapkan pelan-pelan. Bagaimana cara mencari pengunjung. Bagaimana membuat artikel yang menarik. Bagaimana membuat artikel yang evergreen. SEO, digital marketing, semuanya saya pelajari.

Apakah sudah menampakkan hasil yang signifikan?

Jawabannya belum. Blog saya masih bertumbuh. Masih ada banyak hal yang harus saya lakukan. Apalagi setelah ada regulasi dari MOZ yang baru. Blogging jadi super challenging.

Apakah saya menikmatinya?

Tentu saja. Maintance blog untuk terus menghasilkan tulisan itu tidak mudah. Banyak sekali hal yang harus dilakukan. Bagi waktu dengan kegiatan yang lain juga. Tapi ketika pelan-pelan apa yang saya lakukan mulai menampakkan hasil itu rasanya luar biasa sekali.

November 2019.

Menjelang akhir tahun ini, beberapa resolusi blog saya mulai terpenuhi. Blog saya sudah berhasil memghasilkan uang. Iklan juga akhirnya bisa tayang di blog saya. Kunjungan meningkat. Beberapa artikel saya nangkring di Page One Google.

Senang? Tentu saja. Setiap pencapaian yang saya raih membuat saya semakin semangat untuk melakukan hal lebih. Tujuan blogging saya memang masih jauh. Tapi setidaknya, milestone demi milestone yang ingin saya lalui, telah berhasil diraih. Mohon doanya agar bisa terus berkarya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.