Tantangan Kemandirian #12: Failed


Ini hari pertama puasa mestinya. Dari kemarin sih udah debat sama suami soal apakah aku bakal puasa atau nggak. Suami minta aku buat ambil keringanan yang dikasih. Sedangkan, akunya mau coba dulu sejauh apa aku bisa puasa.

Yes, I know. Setelah hamil jadwal makan bukan lagi 3x sehari. Tapi bisa 5x lebih dalam sehari. Akunya nggak bisa makan banyak. Sebagai ganti, makan dikit tapi sering.

Konsep begini sebetulnya nggak cocok untuk bumil yang mau puasa. Aku baca beberapa artikel tentang tips puasa bagi ibu hamil. Katanya sih asupan gizi harus dipenuhi banget saat buka dan sahur. Baik dari kadar maupun jumlahnya. Jadilah agak deg-degan banget sama puasa kali ini.

Kondisi kehamilan sejauh ini sehat-sehat saja. Trimester pertama juga baruuuu aja dilalui. Mestinya bisa. Mual muntah jauh berkurang. Dokter juga nggak ngelarang apapun sih.

So, aku coba puasa hari ini. Sahur jam 4 pagi. Makan buah dulu. Terus masuk ke menu sahur. You know what? Abis subuh udah laper lagi dongs. Parah.

Itu udah deg-degan tapi mencoba nahan nggak makan. Berharap bisa ilang dan nggak lemes. Nggak tahunya, jam 7 badan ngedrop. Lemes parah. Itu pas lagi di kamar mandi. Buru-buru keluar dan batalin puasa dulu. Terus isi perut dengan apa aja yang bisa mengisinya.

Masuk kamar mandi lagi. Muntah. Mandi. Lalu, istirahat. Jadwal pagi ini terpaksa dicancel dulu karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Aku nggak langsung makan nasi, takut perutnya kaget dan malah jadi masalah. Coba ngembaliin tenaga dengan makan kurma. Alhamdulillah membaik.

Besok? Rencananya sih mau coba lagi. Masalah bisa sampai maghrib atau nggak kita lihat aja besok.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.