Game Level 11: Pentingnya Aqil Baligh secara Bersamaan


Secara  bahasa  Aqil  dapat  diartikan  dengan orang  yang berakal, Baligh artinya sampai. Aqil Baligh Baligh artinya sampai. adalah  seseorang  yang telah sampai  pada masa sehat. Jadi, saat  anak  menjadi  Aqil  (berakal, bisa membedakan  baik dan  buruk) dan (usia telah  sampai dimana Baligh tanggung  jawab syariat sudah  dibebankan " Mukallaf "  ia sudah siap dengan  kewajiban  ibadah dan muamalah.

Fase Perubahan Manusia

Pra latih : 0-6 tahun
0- 2 tahun  anak didekatkan dengan  ibu  (menyusui), usia 3-6 anak tahun  anak harus  didekatkan  dengan kedua  orang  tua,  sosok  ibu dan  ayah harus hadir agar  anak memiliki  keseimbangan emosional  dan  rasional.

Pra Aqil Baligh : 7-14 tahun
Fase ini anak mengalami masa kritis. Anak akan mengalami transisi dari masa egosentris menjadi sadar secara utuh sebagau makhluk Tuhan dan sosial. Pada fase ini, anak butuh pembiasaan dan teladan.

Aqil Baligh : 15 tahun ke atas
Pada perkembangan  ini, Baligh Baligh sudah dibarengi dengan  AQIL yaitu pencapaian kemandirian  dan identitas  sangat  menonjol (pemikiran semakin logis,  abstrak dan . idealistis)  dan  semakin  banyak menghabiskan waktu “ Aqil diluar Baligh keluarga. harus  tumbuh  secara  bersamaan ” karena ketika kita  mengantarkan  anak kita mencapai  aqil baligh saat  itu  pula kita  sedang  menyiapkan calon ayah/ibu  untuk  cucu  kita. anak secara  bersamaan Kehidupan  anak cucu  tergantung  bagaimana kita sebagai orang  tua  mengantarkan anak anak menuju  Aqil Balighnya.

Tanda Aqil
Bisa membedakan benar dan salah

Tanda Baligh
Khusus  untuk  anak perempuan,  apabila  ia telah  berumur  9 tahun  dan  telah  mengalami haid,  maka ia sudah  dikatakan baligh . Sedangkan  apabila  anak  perempuan  tersebut mengalami  haid sebelum  umur  9 tahun,  maka ia belum  dikatakan baligh. Untuk  anak laki-laki,  apabila  ia  telah mencapai  umur  9 tahun  dan mengalami mimpi basah,  maka  ia dianggap  telah baligh. Dan  apabila  ia mengalami  mimpi basah tersebut  sebelum  usia  9 tahun  maka belum bisa dikatakan sebagai baligh.

Berikut merupakan cara Rasulullah dalam Mendidik anak. Yakni bertahap, Tidak memberikan sesuatu secara sekaligus. Setiap Tahapan memiliki waktunya masing-masing. Misalnya untuk sholat.

Tahap1 : mulai dari anak bisa berjalan hingga berusia tujuh tahun, tahap menyaksikan, yaitu ketika si anak menyaksikan kedua ortunya mengerjakan sholat dan diapun menirunya. Apabila kedua ortunya melatihnya untuk bisa mengerjakan sholat dg benar maka itu adalah kebaikan ganda.

Tahap2 : Tahap Perintah. Dari usia7-10 tahun. Ketika kedua orangtuanya memerintahkan anak untuk mengerjakan sholat.

Tahap3 : Tahap Hukuman. Dari usia 10 tahun hingga seterusnya. Dalam tahap ini orangtua boleh memukul anaknya apabila tidak mengerjakan sholat.

Bertahap dalam melakukan setiap langkah ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam jiwa anak.

Dewasakan anak kita dengan mendidik, bukan hanya mengajar. Boleh delegasikan masalah pendidikan, tapi jangan lepas dari tanggung jawab mendidik. Peran ayah sebagai penanggung jawab utama pendidikan. Sedangkan ibu, pelaksana utama pendidikan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.