Game Level 3: Melatih Kecerdasan Anak (Muqodimah)


Assalamu'alaikum...

Setelah libur puasa dan lebaran, alhamdulillah akhirnya bisa kembali lagi belajar di Kelas Bunda Sayang. Perjuangan untuk melewati level 1 dan 2 yang nggak jarang bikin jungkir balik dan berpikir keras membuat saya harus banyak-banyak bersyukur. Alhamdulillah masih bisa mengikuti semuanya. Sehectic apapun, secapek apapun, sudah komitmen ke diri sendiri untuk tidak menunda tugas. Semoga di game level ketiga ini masih bisa melanjutkan ritme tersebut.

Game level 3 ini merupakan family project yang punya tujuan untuk melatih kecerdasan anak. Alhamdulillah, Kakak Bayi sekarang umurnya sudah 18 pekan di dalam perut Ummi. Menurut literatur, pada usia ini kakak sudah mulai mendengar suara-suara yang datang dari perut Ummi. Jadi, kalau diajak ngobrol udah denger. Kalau Ummi masak, udah kedenger suara tak tok tak tok-nya. Kalau Ummi beberes rumah, juga udah mulai kedenger suara vacum yang berisik itu.

Pendidikan pada anak menurut Alquran sejatinya bisa diajarkan mulai dia dalam kandungan. Tapi, metode yang digunakan dari usia 0-4 bulan dan di atas 4 bulan ini beda. Kalau kurang dari 4 bulan, menurut Alquran Ummi dan Abi harus banyak-banyak berdoa kepada Allah agar Kakak Bayi diberikan ketetapan atas rizki, ajal, amalan, serta kebahagiaan yang paling baik. That's why, kemarin-kemarin Ummi nggak banyak ngobrol sama Kakak dan lebih banyak berusaha untuk PDKT sama Allah.

Berhubung usia Kakak sudah lewat 4 bulan, ruh sudah ditiupkan, pendengaran juga sudah mulai ada dan terus berkembang, mulai bisa tuh belajar Alquran. Kami sudah bisa mulai belajar mengenal huruf hijaiyah, surat-surat pendek, serta kisah-kisah yang ada di dalam Alquran.

"Nanti kita seru-seruan ya, Kak."

Selain kenal Alquran, saya dan suami juga pingin mengenalkan tentang sholat. Ya doanya, ya gerakannya. Tidak hanya itu saja, doa-doa sehari-hari, shalawat, tauhid, dan aneka macam kisah inspirasi Islami lain.

Jadwal belajar Kakak ini sehari ada 3x pertemuan. Pagi, sore, dan malam sebelum tidur. Materi utama yang akan selalu ada adalah pengenalan huruf hijaiyah dan surat-surat pendek. Selebihnya akan diselang-seling doa sehari-hari, sholat, atau yang lain. Bedtime story untuk Kakak juga akan Ummi Abi pilihkan dari kisah-kisah Nabi dan Rasul, sahabat-sahabat, pejuang-pejuang Islam, atau kisah-kisah lain dalam Alquran.

Durasi waktunya nggak lama kok. Kurang lebih 15 menit saja.

Semoga ikhtiar yang saya dan suami lakukan ini bisa memberikan hasil keturunan yang shalih dan jauh lebih baik dari kami. Aamiin..

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.